Minggu, 18 Desember 2016

AMOFER (AMONIASI JERAMI), untuk cadangan makanan ternak di musim kemarau

AMONIASI JERAMI (AMOFER)

Latar belakang
Setiap musim kemarau tiba, kekurangan kebutuhan hijauan makanan ternak (pakan) sungguh dirasakan oleh para penernak. Pasalnya, produksi hijauan pakan mengalami penurunan tajam atau hanya sekitar 50% dari produksi rata-rata per bulan.

Berhubungan saya kemarin melakukan praktek PENGOLAHAN PAKAN TERNAK, yaitu pembuatan AMOFER (amoniasi jerami) maka saya akan berbagi ilmu sedikit yang saya ketahui :)

Amoniasi
Sejumlah upaya teknologis ditempuh agar jerami padi bisa didayagunakan secara optimal. Langkah tersebut tak terbatas pada pengawetan saja, tapi juga peningkatan kualitasnya melalui teknologi amoniasi.
Untuk mengolah jerami padi dengan amoniak, ada tiga sumber yang bisa digunakan, yaitu NH3 dalam bentuk cair, NH4OH dalam bentuk larutan, dan urea dalam bentuk padat. Satu-satunya sumber NH3 yang murah dan tersedia di mana-mana (di segala pelosok pedesaan) adalah urea.

Berikut bahan dan proses fermentasinya untuk 5 kg jerami.

Bahan:
1. Starbio : 3 sendok makan
2. Urea     : 3 sendok makan
3. Jerami  :5 kg

4. Molasses: 1000 ml
5. Air secukupnya
6. Plastik untuk membungkus amofer

Bahan:

1. Timbangan untuk menimbang jerami padi

2. Ember untuk mencampur starbio dan molasses

3. Gelas ukur untuk mengukur molasses

4. Plastik untuk tempat fermentasi

Cara membuat:

1. Menimbang semua bahan sesuai dengan ukuran yang ditentukan, yaitu jerami 5 kg, molasses 100 ml dan starbio sebanyak 30 gr.

2. Hamparkan jerami di atas lantai yang bersih dan siram air dengan secukupnya tidak terlalu basah tidak terlalu kering (kadar air 60%).

3. Campur starbio dan urea.

4. Taburkan campuran starbio dan urea.
5. Selanjutnya campurkan atau aduk jerami yang sudah di taburkan dengan campuran starbio dan urea tadi hingga merata.
6. Masukan ke dalam pelastik, kemudian tutup dan ikat dengan rapat sehingga tidak ada udara yang masuk (anaerob) dan buka setelah 21 hari.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar